MACAM -MACAM PROBLEM MESIN

Macam-Macam Masalah yang sering timbul pada mesin digital Printing Outdoor anda diantaranya :

Saat nya Para pemilik mesin harus bisa menjadi teknisi sendiri, agar anda tidak terlalu menggantungkan problem mesin pada teknisi. Standarnya harus bisa pengoperasian dan perawatan. Saya bisa membantu sharing problem yang biasa terjadi, jikalau kurang jelas dengan kalimat dibawah, dengan senang hati team cosmo memandu dan menanggapi keluhan anda para pemilik digital printing. " Indahnya berbagi dalam kebaikan " 


Allhamdulillah, senang rasanya hidup ini bisa bermanfaat bagi orang lain.

1. Pada saat cetak berlangsung sering kali bergantian warna yang hilang, sehingga membuat hasil cetakan jadi jelek dan penuh garis-garis. Hal ini banyak faktor mulai dari Suhu temperatur ruangan, Voltage head yang kurang tepat, ada kebocoran yang menyebabkan timbulnya buble pada selang, kondisi cariage board yang kurang bagus, Tinta juga pengaruh dari urutan yg paling akhir.

2. Tinta sering lambat memberikan Pasokan tinta pada Sub Ink Tank., Hal ini disebabkan karena kondisi ink pump sdh lemah , akhirnya memperlambat mengisi tinta pada sub ink tank.

3. Pada saat cleaning head, kadang tinta tidak mau keluar atau bahkan keluar terus tdk mau berhenti, Hal ini biasanya disebabkan Solenoid valve nya rusak

4. Sering kali masalah head rusak, 
     - Buntu permanen : Hal ini biasanya disebabkan karena, rendaman pada head sampai kering,  biasanya kalo sdh buntu sangat sulit untuk dikembalikan semula, penanganya di dorong dan ditarik pakai suntikan, tiap hari head di rendam

     - Head Lemah pada saat Cleaning, Hal ini biasanya ditandai pada saat cetak sering kali tidak keluar tinta, atau disebut cloging. Cara penangananya rendam headpada saat mesin berhenti

     - Elektronika atau chip head rusak, biasanya ditandai kondisi fisik head dan cleaningnya bagus tapi pada saat dilakukan cetak, hasilnya sangatburuk sekali.

5. Bahan media pada saat cetak miring kiri atau kanan, cek roller belakang sebagai pemutar bahan harus benar-benar lurung dan seimbang, atau bisa juga karena pinch roller penarik bahan sdh tdk seimbang, ada yg kuat dan lemah

6. Motor head tidak mau jalan, biasanya driver motor atau servo motornya yang bermasalah.

7. mesin selalu menabrak di posisi parkir, karena disebakan microswtch pada home mesin tidak berfungsi.

8. head pada saat akan cetak berjalan tersendat-sendat, hal ini bisa diakibatkan sensor encoder rusak, strip encoder jamuran, long kabel, driver motor, servo motor.

9. ada salah satu ink pump tinta tidak mau menarik tinta, biasanya pelampung ink tank, long kabel, ink board.

10. terdengar alarm pada mesin, hal ini karena disebabkan dapa safety tank nya terisi tinta akibat salah satu pelampung ada yg tdk berfungsi.

11. mesin tidak bisa firing di posisi home, cek printhead voltage, software ink purging, printhead board

12. Jikalau semua kerja ink pump berhenti atau terdengar alarm, maka safety tank terisi tinta, harus di kuras sampai bersih.

13. Fiber optik mempengaruhi kinerja voltage pada head dan data signal pada cariage board, so banyak kendala yg diakibatkan kerusakan pada kabel fiber optik

14. ketika cleaning warna, biasanya tinta terus keluar tidak mau berhenti atau justru tidak mau keluar, itu yg rusak valve atau solenoid.

15. raster encoder sangat pengaruh sekali pada hasil gambar yang menimbulkan corak vertikal

dst..............banyak sekali problem yang ada pada mesin digital printing outdoor, selanjutnya akan saya tambahkan pada minggu depan, tetap semangat dan sabar dalam mengatasi problem mesin. 

Salam sukses

COSMOTECK
solutions

telp. / SMS
08113673466
085645251466
 
WA/HP
081259291049
 

bbm
5F28.3BA7