ISTILAH OPERASIONAL PRINT OUTDOOR

ISTILAH OPERASIONAL PRINT OUTDOOR 

 

Cleaning : membersihkan printhead dgn cairan Flush Solution (solvent). cara ini ditempuh jika nozzle tidak bisa dibesihkan dgn proses Purging. Cleaning yang diperlukan head harus standart airpump 300ml, untuk menjaga kondisi membran pada head tetap kondisi bagus. Jangan sering sering memakai suntikan kaca 

Banding : hasil cetakan kelihatan garis garis renggang yg disebabkan hasil cetakan tidak rata karena ada beberapa nozzle yg mampet. biasanya searah dengan gerak printhead.

Purging : standar pada mesin seharusnya memiliki tombol purging perwarna , proses membersihkan nozzle yg mampet dengan memberi tekanan angin pada tabung penampung tinta sehingga tinta keluar melalui printhead. digunakan pada saat ada beberpa nozzle yg mampet/clogging.

Clogging : ketidak stabilan head pada saat proses cetak, lebih tepat disebut Clogged, nozzle pada printhead yg mengalami mampet.

Gap : kalibrasi antar pass atau, hasil cetakan tiap-tiap pass renggang.

Overlap : kalibrasi antar pass atau hasil cetakan tiap-tiap pass numpuk

 PASS : Jumlah sapuan / semprotan tinta pada satu titik(dot) gambar. misalnya dicetak 3 pass, berarti tiap titik gambar disemprot tinta sebanyak 3 kali dengan nozzle yg berbeda.

 Caping : tempat untuk perawatan head setiap hari, semacam tempat untuk merendam printhead pada saat tidak digunakan. sebenarnya yang lebih tepat adalah caper atau cap saja. tetapi karena sudah terlanjur "membudaya" maka biasa disebut caping. capping diperlukan agar nozzle selalu "basah" sehingga tidak mampet. Semoga pengetahuan dasar ini bisa anda pelajari, untuk memulai bisnis digital printing outdoor.

salam sukses buat anda ..... dengan senang hati kami, menanggapi keluhan-keluhan anda seputar digital printing outdoor....

INGATTT!!!!! 

bisnis digital printing outdoor tidak sekedar cetak, uang masuk dan dapat untung, perlu dipelajari pengeluaran bahan, tinta, sparepart, biaya-biaya servis, dll. jadi harus paham dengan kondisi mesin yg siap tempur untuk mencetak.